Summary about linked list



 DATA STRUCTURE
Materi tentang  Linked List
Jadi, apa itu linked list , linked list itu adalah Linked List adalah suatu struktur data linier. Berbeda dengan array yang juga merupakan struktur data linier dan tipe data komposit, linked list dibentuk secara dinamik. Pada saat awal program dijalankan elemen linked list belum data. Elemen linked list (disebut node) dibentuk sambil jalan sesuai instruksi. Apabila setiap elemen array dapat diakses secara langsung dengan menggunakan indeks, sebuah node linked list diakses dengan menggunakan pointer yang mengacu (menunjuk) ke node tersebut.

1.Circular single linked list 
Circular Single Linked List  adalah Single Linked List yang pointer nextnya menunjuk pada dirinya sendiri. Jika Single Linked List tersebut terdiri dari beberapa node, 
maka pointer next pada node terakhir akan menunjuk ke node terdepannya. Sehingga linked list tersebut berputar. Node terakhir akan menunjuk lagi ke head.
 2.Double linked list 
Pengertian Double Linked List adalah sekumpulan node data yang terurut linear atau sekuensial dengan dua buah pointer yaitu prevdan next. Node pada Double Linked List
Double Linked List adalah linked list dengan node yang memiliki data dan dua buah reference link (biasanya disebut next dan prev) yang menunjuk ke node sebelum dan node sesudahnya. Pada implementasinya, terdapat dua variasi double linked list yaitu circular dan non-circular layaknya pada single linked list.
3.Circular double link list
Merupakan double linked list yang simpul terakhirnya menunjuk ke simpul terakhirnya menunjuk ke simpul awalnya menunjuk ke simpul akhir sehingga membentuk suatu lingkaran.
Operasi-Operasi yang ada pada Linked List :
–        Insert
Istilah Insert berarti menambahkan sebuah simpul baru ke dalam suatu linked list.
–        IsEmpty
Fungsi ini menentukan apakah linked list kosong atau tidak.
–        Find First
Fungsi ini mencari elemen pertama dari linked list
–        Find Next
Fungsi ini mencari elemen sesudah elemen yang ditunjuk now
–        Retrieve
Fungsi ini mengambil elemen yang ditunjuk oleh now. Elemen tersebut lalu dikembalikan oleh fungsi.
–        Update
Fungsi ini mengubah elemen yang ditunjuk oleh now dengan isi dari sesuatu.
–        Delete Now
Fungsi ini menghapus elemen yang ditunjuk oleh now. Jika yang dihapus adalahelemen pertama dari linked list (head), head akan berpindah ke elemen berikut.
–        Delete Head
Fungsi ini menghapus elemen yang ditunjuk head. Head berpindah ke elemen sesudahnya.
–        Clear
Fungsi ini menghapus linked list yang sudah ada. Fungsi ini wajib dilakukan bila anda ingin mengakhiri program yang menggunakan linked list. Jika anda melakukannya, data-data yang dialokasikan ke memori pada program sebelumnya akan tetap tertinggal di dalam memori.


Sumber;

Comments

Popular posts from this blog